Ramuan dan Khasiat Kencur untuk Kesehatan

manfaat kencur

manfaat kencur

Sebagai salah satu tanaman herbal, khasiat kencur tentunya sudah tidak diragukan lagi. Untuk anda yang belum tahu, kencur merupakan jenis tanaman temu-temuan yang mudah tumbuh di daerah dataran pegunungan yang tanahnya gembur. Kencur tumbuh menggeletak di permukaan tanah dengan helaian daun yang jarang. Ada begitu banyak kandungan berguna dalam kencur. Kandungan-kandungan tersebut antara lain seperti zat pati, mineral, kamphane, borneol, asam metal kanil, asam cinnamic, ethyl aster, dan lain sebagainya. Kencur juga memiliki kandungan methanol yang berguna untuk melawan cacing parasit yang dapat menyebabkan penyakit toksokariasis. Selain itu masih ada lagi manfaat yang dapat dirasakan dari kencur.

Kencur si Tanaman Obat
Ketika sedang masuk angin, biasanya apa yang anda lakukan? Kebanyakan yang dilakukan orang adalah kerokan atau langsung mengkonsumsi obat-obatan kimia. Padahal masuk angin bisa diobati dengan menggunakan bahan alami seperti kencur. Caranya mudah saja. Bersihkan satu rimpang kencur terlebih dahulu, kemudian makan bersama dengan garam dapur. Setelah itu minum dengan air hangat. Cara ini dilakukan secara rutin dua kali sehari untuk merasakan khasiat kencur dalam mencegah masuk angin. Kencur ternyata juga dapat menghilangkan darah kotor. Siapkan dulu empat rimpang kencur, dua lembar daun trengguli, dua biji cengkeh kering, dan adas secukupnya. Semua bahan lantas dicuci bersih kemudian direbus dengan menggunakan satu liter air hingga mendidih. Setelah saring, minum ramuan dua kali sehari secara teratur.

Masih ada lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dari kencur. Siapa yang menyangka bahwa salah satu khasiat kencur adalah untuk mengobati radang lambung. Caranya mudah saja. Dua rimpang kencur yang telah dicuci bersih, dikupas lalu langsung dikunyah oleh penderita penyakit lambung. Kemudian telan airnya dan buang ampasnya. Pengobatan ini dilakukan hingga sembuh. Kemudian, kencur pun bisa digunakan untuk mengobati keseleo. Caranya sangat mudah. Satu rimpang kencur dicuci bersih. Setelah itu, rendam segenggam beras dan campur dengan bersama dengan kencur. Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus. Setelah itu balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.

Memang ada begitu banyak khasiat kencur untuk kesehatan manusia. Misalnya saja dalam mengobati sakit pada pencernaan. Pertama, untuk mengobati sakit perut, anda bisa menggunakan satu rimpang kencur yang telah dicuci bersih. Parut kencur tersebut lalu tambahkan dua sendok air masak dan sedikit garam. Saring ramuan dan ambil airnya saja. Sebaiknya minum ramuan sebanyak 2-3 kali sehari untuk mengobati mulas pada perut. Lalu yang kedua, kencur juga dapat digunakan untuk mengobati diare. Kali ini yang akan digunakan adalah dua rimpang kencur dengan dua siung bawang merah. Kedua bahan tersebut dicincang hingga halus. Setelah itu siapkan daun pisang dan bungkus ramuan yang sudah ditumbuk. Bakar ramuan hingga hangat setelah itu oleskan ramuan pada bagian perut.

Tahukah anda bahwa ternyata kencur bisa digunakan sebagai obat batuk? Untuk merasakan khasiat kencur yang satu ini, anda perlu menyiapkan dua rimpang kencur yang telah dicuci bersih. Setelah itu parut kencur yang telah bersih, kemudian campurkan dengan air hangat. Aduk hingga rata lalu saring dan ambil airnya. Tambahkan sedikit garam dapur kemudian minum air ramuan tersebut hingga habis. Sebagai perawatan sakit batuk, ramuan ini bisa diminum satu kali sehari. Mengobati batuk dengan menggunakan kencur lebih baik daripada anda minum obat-obatan kimia.

Selain itu, masih ada lagi manfaat-manfaat kencur yang bisa anda rasakan. Misalnya saja, kencur ternyata memiliki sifat anti kanker. Selain itu tanaman herbal yang satu ini juga baik untuk pencernaan dan kulit, untuk membunuh bakteri dalam usus, melancarkan peredaran darah, membuang racun dalam tubuh, sekaligus juga sebagai antioksidan. Kencur juga dapat menjadi sumber serat. Salah satu nilai plus dari kencur adalah, tanaman rimpang yang satu ini mudah untuk ditemukan. Karena kencur juga seringkali menjadi bumbu masakan. Sehingga tanaman rimpang yang satu ini bisa digunakan kapan saja. Demikianlah beberapa informasi mengenai khasiat kencur sekaligus ramuan-ramuan yang bisa anda buat, selamat mencoba!

Khasiat Teh untuk Kesehatan

khasiat teh

Khasiat Teh

Khasiat teh memang sudah dikenal sejak dahulu kala. Minuman yang satu ini dipercaya berkhasiat bagi kesehatan manusia. Minum teh dipercaya dapat membuat seseorang merasa lebih rileks. Selain itu teh juga termasuk jenis minuman yang bisa diolah menjadi berbagai jenis minuman. Misalnya ada teh susu, teh buah, dan lain sebagainya. Teh bisa disajikan dalam keadaan dingin atau hangat. Semuanya nikmat untuk diminum. Teh tidak hanya bisa dirasakan dalam bentuk minuman saja. Teh juga dapat digunakan sebagai bahan dari parfum atau masker kecantikan. Singkat kata, teh memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh para penggunanya.

Macam-macam Manfaat Teh
Tahukah anda bahwa teh berguna untuk mencegah kanker? Mungkin belum terlalu banyak yang tahu khasiat teh yang satu ini. Teh dapat berguna untuk mencegah resiko terjadinya penyakit kanker. Teh khususnya jenis teh hijau, memiliki kandungan polyphenol. Bagi anda yang belum mengerti, polyphenol merupakan antioksidan yang paling potensial. Antioksidan ini akan mencegah penyebaran serta pertumbuhan sel kanker dalam darah. Di awal sudah sempat disinggung bahwa teh juga dapat digunakan sebagai bahan masker kecantikan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa teh dapat berguna untuk perawatan kulit. Teh memiliki sifat antiseptik alami yang dapat mengatasi gatal dan bengkak-bengkak. Teh hijau malah bisa mengatasi kulit yang mengalami radang, terbakar sinar matahari, dan noda kehitaman.

Memang selama ini ada begitu banyak jenis teh. Ada teh hijau, teh hitam, dan lain sebagainya. Saat ini teh hijau sedang populer di masyarakat. Hampir semua jenis makanan memakai teh hijau sebagai bahannya. Baik olahan kue atau minuman. Teh hijau memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa 50 persen orang yang mengonsumsi teh hijau, jarang ada yang terkena tekanan darah tinggi. Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah meminumnya. Ini disebabkan karena kandungan polyphenols yang ada dalam teh hjiau. Khasiat teh yang lainnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol sekaligus mencegah terjadinya stroke.

Kapan biasanya anda menikmati teh? Minuman yang satu ini sebenarnya bisa dinikmati kapan saja. Bisa dinikmati dalam keadaan hangat di pagi atau sore hari. Bisa juga dinikmati dalam keadaan dingin di siang hari. Tentunya ada manfaat yang bisa anda ambil ketika mengonsumsi teh secara rutin. Teh ternyata dapat menjaga daya ingat. Minum dua gelas teh sehari akan membuat anda terhindar dari masalah kognitif dibandingkan dengan mereka yang jarang minum teh. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh berguna untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan Alzheimer dan Parkinson. Bagi anda yang sedang dalam proses diet, disarankan juga untuk mengonsumsi teh. Karena salah satu khasiat teh adalah membantu proses pembakaran kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

sumber : healthland.time.com