11 Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat bawang bombay11 manfaat bawang bombay – Bawang bombai merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki rasa enak dan aroma yang sedap terhadap masakan. Bukan itu saja, bawang bombai juga menawarkan khasiat di bidang kesehatan. Adapun beberapa manfaat bawang bombai untuk kesehatan, yaitu sebagai berikut :

  1. Melindungi Kesehatan Jantung

Apabila konsumsi setengah dari potongan bawang bombai bisa mengurangi kolesterol jahat. Kondisi ini secara langsung pun dapat melindungi kesehatan jantung. Manfaat bawang bombai akan terasa ampuh bila dikonsumsi secara langsung dan teratur.

  1. Mempermudah Sirkulasi Darah

Bawang bombai memiliki kandungan fitokimia, nutrien atau zat kimia yang bisa mendukung vitamin C memaksimalkan perannya kepada tubuh. Berkat adanya fitokimia di dalamnya pun akan menurunkan perdangan dan mempermudah aliran darah, sehingga pada akibatnya bisa melindungi peranan sistem kardiovaskular.

  1. Melindungi Osteoporosis

Bawang bombai memiliki kandungan senyawa penting yang dapat memutasikan perapuhan tulang bagi perempuan pengidap osteoporosis. Oleh karena itu, jika Anda ingin menghindari osteoporosis secara alami, cobalah mengkonsumsi bawang bombai dengan rutin.

  1. Membantu Mengatur Gula Darah

Bawang bombai juga memiliki kandungan mineral seperti kromium yang bisa membantu sel-sel untuk menanggapi kemampuan insulin dalam mengontrol gula darah di dalam tubuh supaya tetap terkendali.

  1. Mempermudah Sistem Pencernaan

Bawang bombai mengandung serat yang tinggi. Serat adalah salah satu nutrisi yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan pencernaan tubuh. Pencernaan yang baik dapat menghindari Anda dari kondisi-kondisi seperti sembelit atau sulit buang air besar.

  1. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi bawang bombai pun berguna untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh dan menangani peradangan. Sistem kekebalan tubuh adalah kunci penting melindungi diri dari segala serangan penyakit.

  1. Mengindari Penyakit Asma

Di dalam bawang bombai terdapat kandungan blerang yang bisa menahan susunan ikatan biokimia yang dapat menimbulkan penyakit asma. Bawang ini pun memperlancarkan pencairan dahak bagi penderita yang mengidap batuk akut.

  1. Menghindari Kanker

Bawang bombai memiliki kandungan senyawa flavonoid dan kuersetin yang mempunyai beberapa khasiat kesehatan. Flavonoid adalah antioksidan yang menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan dampak radikal bebas. Kuersetin sudah dikenal bisa menghambat atau bahkan menahan perkembangan tumor serta menjaga sel-sel dari resiko kanker, khususnya kanker usus besar.

  1. Menahan Akibat Sinogenik

Sinogenik merupakan akibat yang dapat dimunculkan dari radikal bebas. Kandungan antioksidan yang meningkat untuk khasiat bawang bombay dapat dijadikan sebagai penahan dari dampak sinogenik.

  1. Menyembuhkan Penyakit Cacingan

Mengkonsumsi bawang bombay pun dapat dijadikan untuk menyembuhkan penyakit cacingan terhadap anak. Dengan cara menjadikan bawang bombay sebagai makanan selanjutnya dikonsumsikan untuk anak yang mengidap cacingan.

  1. Menguatkan Tulang

Tulang diharuskan dilindungi kesehatannya serta kepadatannya. Kandungan kalsium yang terdapat di dalam bawang bombay dapat dijadikan untuk penguat tulang dan menjauhi diri dari terserang osteoporosis.

Itulah manfaat dari bawang bombay untuk kesehatan tubuh. Setelah mengetahui semua manfaatnya maka cobalah dari sekarang mengkonsumsi bawang bombay secara teratur dan tidak berlebihan agar mendapatkan semua manfaatnya secara maksimal.

Sumber : www.everydayhealth.com

 

 

 

 

9 Manfaat Kesehatan dari Buah Sirsak

Manfaat Kesehatan Buah SirsakSirsak merupakan salah satu jenis buah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh sama seperti halnya dengan buah lainnya. Selain dagingnya, di bagian daun, buah, hingga pohonnya juga sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. Segala kandungan yang terdapat di dalamnya dapat dijadikan sebagai pendukung kesehatan tubuh seperti vitamin C, B2, B1, karbohidrat, kalsium, dan mineral.

9 Manfaat Buah Sirsak

Berikut ini penjelasan mengenai khasiat buah sirsak untuk kesehatan, yaitu sebagai berikut :

  1. Menambah Sistem Imun Tubuh

Kandungan senyawa yang terkandung di dalam buah sirsak seperti acetogenins sampai muricapentocin yang sudah dijelaskan sebelumnya bermanfaat dalam menambah sistem kekebalan tubuh dari ancaman penyakit, selain juga dapat dijadikan sebagai obat penyakit.

  1. Sumber Energi Untuk Tubuh

Kandungan karbohidrat di dalam buah sirsak memiliki manfaat sebagai peningkat energi. Sirsak juga memiliki kandungan vitamin B1 juga meningkatkan kadar energi dalam memaksimalkan kinerja organ tubuh seperti ginjal, paru-paru, otak dan jantug dengan cara bergerak menjadi ko-enzim dalam mengubah glukosa menjadi energi.

  1. Menambah Konsentrasi

Kandungan tiamin ialah melindungi kinerja otak dan menambah konsentrasi dan daya ingat. Berkat kandungan ini pun mendukung otak terhindar dari stres dan mempertahankan sistem saraf motorik di dalam otak.

  1. Melindungi Kesehatan Pencernaan

Sulitnya mencerna makanan dan menyerap gizi bisa merusak proses pencernaan sehingga timbulnya penyakit seperti sembelit dan diare. Maka karena itu dibutuhkan vitamin B2 yang dapat mendukung menjaga membran mukosa usus sehingga proses pencernaan selalu lancar dan terlindungi kondisinya. Dengan secara langsung gangguan yang berkaitan dengan pencernaan bisa dikurangi.

  1. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Buah sirsak dapat menyingkirkan aterosklerosis dalam jantung. Penyakit ini adalah suatu keadaan arteri jantung yang menghadapi pengerasan sehingga menjadikan darah tidak lancar dan mudah terkena serangan jantung. Hal ini disebabkan kondisi vitamin C yang terdapat di dalam buah sirsak mampu menurunkan resiko serangan jantung.

  1. Mencegah Kanker

Buah sirsak mengandung viamin C yang bermanfaat bisa mencegah kanker dengan mencegah sel-selnya. Bukan itu saja kandungan ini juga dapat menurunkan efek dari pengobatan misalnya mual.

  1. Menghindari Penyakit Katarak

Rajin mengkonsumsi buah sirsak minimal dua kali dalam satu hari dianggap bisa menurunkan resiko penglihatan menjadi tidak jelas dan gangguan kesehatan di mata lain seperti buram dan katarak.

  1. Menurunkan Resiko Diabetes

Walaupun manis, kadar gula di dalam buah sirsak sangatlah rendah sehingga bisa menurunkan resiko penyait diabetes. Akan tetapi bila Anda tidak menginginkan hal itu terjadi kepada keadaan kesehatan Anda, maka sebaiknya jauhi mengkonsumsi berbagai jenis buatan dari buah sirsak secara berlebihan bila kadar gula di dalam darah telah meningkat.

Lihat juga : 11 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Tubuh Manusia

Jumlah khasiat atauun manfaat dari buah sirsak tersebut dapat Anda temukan dengan mudah. Cukup dengan cara mengkonsumsi buah sirsak atau jus sirsak dengan teratur seyiap harinya dan jangan dicampurkan dengan gula tambahan.

 

11 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Tubuh Manusia

Khasiat Buah KelengkengManfaat Buah Kelengkeng – Buah kelengkeng termasuk jenis buah musiman yang dikenal memiliki rasa manis dan berair. Buah ini adalah buah yang berkembang secara berkelompok serupa dengan buah anggur. Selain itu kelengkeng juga memiliki kaya akan kandungan nutrisi yaitu zinc, manganm magnesium, zat besi, fosfor, kalsium, kalium, potassium, vitamin C, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B1, vitamin A, asam tartik, dan fitokimia.

11 Khasiat Buah Kelengkeng Yang Perlu Diketahui

Sesudah mengetahui beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah kelengkeng, di bawah ini akan dijabarkan mengenai khasiat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh, yaitu :

  1. Meningkatkan Fungsi Jantung

Di dalam buah kelengkeng terdapat beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, melancarkan peredaran darah dan menennagkan syaraf. Selanjutnya fungsi jantung menjadi lebih maksimal.

  1. Dapat menyeimbangkan Suhu Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah kelengkeng yang memiliki fungsi untuk melindungi suhu tubuh supaya tetap dalam keadaan hangat ketika menghadapi musim dingin dan bermanfaat untuk menguatkan sistem imun, sehingga tubuh terhindar dari infeksi virus kuman dan bakteri.

  1. Merilekskan Pikiran

Buah kelengkeng memiliki kandungan anti-depresan yang berfungsi untuk menangani gangguan syaraf sebab bisa menenangkan tubuh dan bisa menguatkan kemampuan syaraf, sehingga tubuh dapat tercegah dari gangguan sulit tidur atau insomnia.

  1. Menambah Stamina

Buah kelengkeng adalah tonik alami yang bisa meningkatkan stamina yang diperlukan bagi tubuh ketika melakukan kegiatan, sehingga tubuh tidak mudah lelah meskipun sedang melakukan pekerjaan yang padat dan tidak ringan sekalipun.

  1. Menangani Dehidrasi

Disebabkan memiliki kadar air yang cukup melimpah, buah kelengkeng bisa dikonsumsi untuk menghilangkan rasa haus sehingga terhindar dari resiko dehidrasi.

  1. Menambah Nafsu Makan

Kaya akan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah kelengkeng memiliki peranan untuk menambah nafsu makan, sehingga bisa menjadikan tubuh menghasilkan berat badan yang seimbang bagi orang yang memiliki badan kurus.

  1. Melancarkan Proses Pencernaan

Buang kelengkeng mengandung serat dan kadar air memiliki peranan untuk melancarkan prosese pencernaan, sehingga terhindar dari gangguan sembelit, wasir, dan sulit BAB.

  1. Menghancurkan Zat Berbahaya di Dalam Tubuh

Buah kelengkeng memiliki senyawa fitokimia dan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk membuang zat-zat yang berbahaya atau beracun di tubuh dalam bentuk air seni, tinja, dan keringat.

  1. Melindungi Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi seperti vitamin C dan potassium yang terdapat di dalam buah kelengkeng memiliki manfaat untuk melindungi kelembaban kulit, mencerahkan kulit, menghaluskan kulit, mengencangkan kulit, serta melindungi kesehatan tubuh.

  1. Menghindari Terjadinya Flu dan Demam

Buah kelengkeng mengandung vitamin C yang cukup tinggi dapat menguatkan kekebalan tubuh sehingga membantu untuk menjaga tubuh dari penyakit flu dan demam.

  1. Menghindari dan Menangani Penyakit Kurang Darah (Anemia)

Penyakit anemia adalah penyakit kekurangan sel-sel darah merah, sehingga sering mengalami pingsan, pusing, dan lemas. Untuk mencegah dan menangani penyakit kurang darah ini dengan cara mengkonsumsi buah kelengkeng.

Selain itu rasa segar dan nikmat saat dikonsumsi dengan cara langsung, buah kelengkeng juga bisa dikonsumsi menjadi segala jenis makanan yang nikmat seperti es, puding dan jus kelengkeng. Dan dapat juga dijadikan sebagai hiasan makanan penutup, campuran salad buah, dan campuran es buah. Meskipun memiliki ukuran dan bentuk yang kecil, ternyata buah ini memiliki banyak khasiat untuk kesehtan tubuh.

Baca info menarik tentang Cara Menyembuhkan Penyakit Amandel Dengan Alami

Seluruh khasiat dapat ditemukan jika mengkonsumsi buah kelengkeng dengan takaran yang wajar saja. Akan memberikan efek yang tidak baik jika mengkonsumsi buah kelengkeng terlalu banyak  misalnya akan menimbulkan berbagai masalah tenggorokan yaitu suara menjadi serak, batuk, dan radang tenggorokan. Maka untuk itu tetaplah mengkonsumsi buah ini dengan jumlah yang secukupnya.

 

 

 

 

4 Jenis Pantangan Makanan Untuk Jantung Bengkak

Pembengkakan jantungPembesaran jantung, kondisi yang juga dikenal sebagai kardiomegali, adalah suatu kondisi medis yang menyebabkan jantung menjadi tidak normal hingga mengalami pembesaran ukuran. Hal ini dapat diamati pada hasil x-ray pada bagian dada dan biasanya terjadi karena ada cacat pada organ jantung.
Ada beberapa jenis  makanan dan minuman, ketika dikonsumsi malah akan memicu dan memperburuk kondisi ini sehingga bisa menyebabkan gagal jantung.

Dibawah ini adalah 4 jenis makanan yang harus dihindari atau dikurangi jumlahnya untuk dikonsumsi yakni :

  1. Sodium. Fungsi natrium dalam tubuh adalah untuk menjaga keseimbangan air dalam dan di sekitar sel. Jumlah air dalam tubuh meningkat dengan jumlah natrium yang tertelan. Karena kelebihan penyimpanan air, akan ada pembengkakan ekstremitas bawah dan apnea (sesak napas).
    Gejala ini, akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan dapat mengakibatkan hipertensi atau penyakit jantung yang mungkin dapat menyebabkan gagal jantung.
    Umumnya, disarankan untuk makan dalam jumlah rendah makanan yang mengandung sodium tetapi dalam kasus individu dengan pembesaran jantung, yang terbaik untuk menjaga natrium diri, seluruhnya.
    Garam adalah contoh sempurna dari makanan dengan natrium. Semakin tinggi asupan garam sehari-hari, lebih risiko yang Anda hadapi gagal jantung.
    Contoh lain dari makanan yang kaya natrium incldue diproses daging, jus sayuran, salad dressing, keju, keripik, dan banyak lagi.
  2. Makanan Yang banyak Lemaknya. Terlalu banyak asupan harian yang berkandungan lemak tinggi tidak dengan cara apapun membantu jantung. kelebihan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan diabetes dan berat badan ekstra yang bisa membuat seorang individu obesitas. Lemak, terutama yang disimpan di daerah perut, cenderung meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular yang dapat memperbesar hati.
  3. Hindari makanan yang banyak Kandungan Karbohidrat. Terlalu banyak karbohidrat dalam tubuh dapat mempengaruhi fungsi insulin dan meningkatkan kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah adalah penyebab utama diabetes, yang dikenal sebagai salah satu penyebab utama penyakit jantung. Setelah kadar gula darah keluar dari kontrol, penyakit jantung merayap di perlahan dan mungkin mengakibatkan kardiomegali.Terlalu banyak karbohidrat dalam tubuh dapat mempengaruhi fungsi insulin dan meningkatkan kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah adalah penyebab utama diabetes, yang dikenal sebagai salah satu penyebab utama penyakit jantung. Setelah kadar gula darah keluar dari kontrol, penyakit jantung merayap di perlahan dan mungkin mengakibatkan kardiomegali.
  4. Jauhi Alkohol. Jika alkohol harus diambil sama sekali, itu harus dalam jumlah yang sangat minim. konsumsi alkohol adalah racun bagi hati, meningkatkan tekanan darah, meningkatkan tingkat lemak dan menyebabkan aritmia (detak jantung tidak teratur). Semua ini dapat menyebabkan gagal kardiomegali dan jantung. Tingkat konsumsi yang aman yang berlaku umum alkohol adalah dua minuman untuk pria dan satu untuk wanita.

Sumber : healthcentral.com

Makanan Wajib Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes

Hindari penyakit diabetes dengan baik

Hindari penyakit diabetes dengan baik

Penyakit diabetes atau juga disebut kencing manis merupakan penyakit yang menakutkan bagi semua orang karena tubuh mengalami kekurangan hormon insulin untuk mengubah glukosa / kadar gula dalam darah akibat pankreas mengalami disfungsi tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah cukup karena faktor keturunan atau gaya hidup. Diabetes tidak mengenal usia atau kelamin, ketika seseorang didiagnosa positif diabetes melalui cek darah, tentunya harus membatasi asupan glukosa dan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh agar tidak kelebihan gula darah yang mengakibatkan sulitnya penyembuhan apabila terjadi luka pada bagian luar/dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan pembusukan karena darah tidak bisa mengering akibat kelebihan gula.

Nah untuk itu makanan apa sajakah yang wajib kita konsumsi untuk menaikkan hormon insulin dan mengembalikan fungsi pankreas menjadi normal? Berikut ulasannya:
1. Bayam, kandungan lutein pada sayur bayam dapat menormalkan kembali kadar gula yang terdapat dalam tubuh. Bayam termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi siapa saja.
2. Kunyit, kandungan Curcumin pada kunyit diyakini dapat mengatur metabolisme lemak dalam tubuh. Curcumin secara langsung bekerja pada sel lemak, sel pankreas, sel ginjal, dan sel otot, para ahli meyakini bahwa kombinasi seluruh faktor ini membuat curcumin mampu mengatasi resistensi insulin, kolesterol dan kadar gula darah yang tinggi, serta gejala lain terkait diabetes.
3. Kayu Manis, mengonsumsi satu gram kayu manis atau lebih secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar gula sebesar 30% dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini dikarenakan kayu manis kaya akan kromium, mineral yang meningkatkan efek insulin. Kayu manis juga mengandung polifenol, antioksidan pelawan radikal bebas dan mampu menurunkan inflamasi, sehingga menjaga Anda dari diabetes keturunan maupun diabetes melitus.
4. Beras merah, sudah dikenal sebagai makanan untuk penderita diabetes, yang akan mengurangi kadar gula darah dalam tubuh dibanding beras putih. Beras merah kaya serat, perbandingan serat antara beras putih dan beras merah adalah 1:8. Itulah sebabnya, seseorang yang mengkonsumsi beras merah tidak merasa kekenyangan dan mengantuk saat makan beras merah. Bandingkan dengan beras putih, sedikit saja beras putih anda konsumsi biasanya mudah diserang kantuk lalu tidur. Saat tidur setelah makan, dipercaya menjadi penyebab kadar gula darah naik. Baca juga informasi mengenai obat herbal diabetes yang aman dan manjur.
5. Dark Chocolate, mengandung antioksidan kuat yang bernama flavonoid serta antioksidan lain yang mampu menurunkan resistensi insulin, menaikkan sensitivitas insulin, mengurangi kebiasaan makan permen, serta bisa menurunkan resiko masalah jantung dan masalah tekanan darah.
6. Minyak Zaitun, penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengganti mentega atau minyak kelapa dengan minyak zaitun, bisa mengurangi resiko terkena penyakit diabetes lebih dari 50%. Masih ditambah lagi dengan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bisa mengurangi penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

Nah itulah sebagian makanan yang dapat menekan kadar gula dalam darah dan mengembalikan fungsi pankreas seutuhnya, tentu tidak sulit untuk mencari makanan tersebut. Semoga dapat membantu kita semua dalam melawan penyakit diabetes melitus.

sumber : www.diabetes.org

11 Jenis Makanan Yang Dipantang Penderita Kista

Kista Ovarium

Kista Ovarium

Kista ovarium sudah jadi sebuah penyakit yang banyak menyerang kaum wanita. yang dimana pada ovarium / indung telur ini sudah tumbuh pada kista. Kista itu apa ? kista merupakan tumor jinak yang berbentuk kistik seperti balon, berisi cairan kental, udara, nanah serta ada juga yang berupa dalam bentuk anggur.

Untuk mengatasi persoalan penyakit kista ini nggak hanya dengan melakukan pengobatan saja. Namun, Anda juga harus menuruti pantangan makanan apa saja yang sebaiknya Anda hindari. Hal ini dilakukan guna untuk mengoptimalkan proses pengobatan penyakit kista ovarium.

Dibawah ini merupakan beberapa jenis makanan yang dilarang penderita kista ovarium diantaranya :

  1. Kangkung & sawi putih – merupakan jenis sayuran yang sebaiknya dihindari oleh penderita kista ovarium, karna didalam kedua jenis sayuran tersebut mengandung zat yang dapat mengurangi efektivitas kerja obat.
  2. Tauge – juga merupakan jenis sayuran yang dilarang untuk dikonsumsi penderita kista ovarium. Sebab tauge mengandung zat yang dapat mendorong pertumbuhan sel kanker.
  3. Cabai – untuk Anda yang telah divonis mengidap kista ovarium, maka kurangilah konsumsi cabai. Karna cabai bisa menurunkan jumlah oksigen didalam tubuh Anda.
  4. Seafood – penderita kista ovarium sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan laut terlalu banyak. Karna seafood mengandung lemak tinggi yang bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda.
  5. Alkohol & soda – jenis minuman yang mengandung alkohol bisa memberikan pengaruh yang buruk pada kesehatan, dan tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang menderita kista /pernah menderita kista. Begitu juga dengan meminum jenis mengkonsumsi jenis minuman bersoda yang dapat membuat penderita kista semakin parah.
  6. Makanan yang diawetkan – seperti mie instan, ikan asin, dan beberapa jenis makanan lainnya yang terkandung bahan pengawet didalamnya dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita kista ovarium. Hal ini dikarenakan jenis makanan yang diawetkan mempunyai kandungan senyawa kimia yang berbahaya untuk kesehatan.
  7. Aneka jenis buah – seperti nanas, durian, duku dan juga anggur. Penderita kista ovarium harus menghindari semua jenis buahan tersebut. Karna jenis buahan tersebut mengandung alkohol yang dapat mengembangkan sel kanker.
  8. Nangka & lengkeng – penderita kista ovarium juga sebaiknya menghindari konsumsi kedua jenis buahan tersebut. Karena, kedua jenis buahan tersebut mengandung zat yang bisa berpotensi mengembangkan sel kanker.
  9. Daging unggas – yang dimaksud yakni daging yang berasal dari hewan ternak yang menggunakan obat-obatan kimia yang disuntikan ke unggas sehinga bobot unggas menjadi meningkat. Hormon yang disuntikan ke unggas itu mempunyai pengaruh yang buruk untuk ksesehatan seseorang.
  10. Kacang kedelai – penderita kista sebaiknya menghindari konsumsi kacang kedelai. Sebab, didalamnya terdapat kandungan senyawa fitoestrogen yang bisa meningkatkan estrogen dan xenostrogens yang mana ketika mengalami kelebihan hormon estrogen merupakan suatu hal yang membuat ketidakseimbangan hormon yang akhirnya bisa mengakibatkan penyakit kista ovarium.
  11. Jenis makanan yang diolah dengan cara dibakar/digoreng, penderita sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang dibakar/digoreng, dan sebaiknya pilihlah jenis makanan yang diolah dengan cara direbus, dikukus atau di tim.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita kista ovarium. Sebab, dengan Anda menuruti apa saja jenis makanan yang dipantang, maka akan dapat membantu Anda mencegah pertumbuhan kista yang menjadi lebih parah. Selain menghindari makanan yang dipantang diatas, diharapkan pengobatan yang saat ini sedang Anda jalani juga akan menjadi lebih efektif dalam membantu menyembuhkan penyakit kista ovarium. Serta, disarankan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat dengan menghindari rokok. Istirahat yang cukup juga dapat membuat tubuh lebih cepat dalam menangkal penyakit ini, dan Anda juga mesti selalu berpikir positif dan jangan terlalu stress sebab hal tersebut bisa mempercepat proses penyembuhan. Sampai disini dulu yah, semoga info diatas bermanfaat buat Anda semua yang membacanya.

sumber : www.webmd.com