11 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Tubuh Manusia

Khasiat Buah KelengkengManfaat Buah Kelengkeng – Buah kelengkeng termasuk jenis buah musiman yang dikenal memiliki rasa manis dan berair. Buah ini adalah buah yang berkembang secara berkelompok serupa dengan buah anggur. Selain itu kelengkeng juga memiliki kaya akan kandungan nutrisi yaitu zinc, manganm magnesium, zat besi, fosfor, kalsium, kalium, potassium, vitamin C, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B1, vitamin A, asam tartik, dan fitokimia.

11 Khasiat Buah Kelengkeng Yang Perlu Diketahui

Sesudah mengetahui beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah kelengkeng, di bawah ini akan dijabarkan mengenai khasiat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh, yaitu :

  1. Meningkatkan Fungsi Jantung

Di dalam buah kelengkeng terdapat beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, melancarkan peredaran darah dan menennagkan syaraf. Selanjutnya fungsi jantung menjadi lebih maksimal.

  1. Dapat menyeimbangkan Suhu Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah kelengkeng yang memiliki fungsi untuk melindungi suhu tubuh supaya tetap dalam keadaan hangat ketika menghadapi musim dingin dan bermanfaat untuk menguatkan sistem imun, sehingga tubuh terhindar dari infeksi virus kuman dan bakteri.

  1. Merilekskan Pikiran

Buah kelengkeng memiliki kandungan anti-depresan yang berfungsi untuk menangani gangguan syaraf sebab bisa menenangkan tubuh dan bisa menguatkan kemampuan syaraf, sehingga tubuh dapat tercegah dari gangguan sulit tidur atau insomnia.

  1. Menambah Stamina

Buah kelengkeng adalah tonik alami yang bisa meningkatkan stamina yang diperlukan bagi tubuh ketika melakukan kegiatan, sehingga tubuh tidak mudah lelah meskipun sedang melakukan pekerjaan yang padat dan tidak ringan sekalipun.

  1. Menangani Dehidrasi

Disebabkan memiliki kadar air yang cukup melimpah, buah kelengkeng bisa dikonsumsi untuk menghilangkan rasa haus sehingga terhindar dari resiko dehidrasi.

  1. Menambah Nafsu Makan

Kaya akan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah kelengkeng memiliki peranan untuk menambah nafsu makan, sehingga bisa menjadikan tubuh menghasilkan berat badan yang seimbang bagi orang yang memiliki badan kurus.

  1. Melancarkan Proses Pencernaan

Buang kelengkeng mengandung serat dan kadar air memiliki peranan untuk melancarkan prosese pencernaan, sehingga terhindar dari gangguan sembelit, wasir, dan sulit BAB.

  1. Menghancurkan Zat Berbahaya di Dalam Tubuh

Buah kelengkeng memiliki senyawa fitokimia dan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk membuang zat-zat yang berbahaya atau beracun di tubuh dalam bentuk air seni, tinja, dan keringat.

  1. Melindungi Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi seperti vitamin C dan potassium yang terdapat di dalam buah kelengkeng memiliki manfaat untuk melindungi kelembaban kulit, mencerahkan kulit, menghaluskan kulit, mengencangkan kulit, serta melindungi kesehatan tubuh.

  1. Menghindari Terjadinya Flu dan Demam

Buah kelengkeng mengandung vitamin C yang cukup tinggi dapat menguatkan kekebalan tubuh sehingga membantu untuk menjaga tubuh dari penyakit flu dan demam.

  1. Menghindari dan Menangani Penyakit Kurang Darah (Anemia)

Penyakit anemia adalah penyakit kekurangan sel-sel darah merah, sehingga sering mengalami pingsan, pusing, dan lemas. Untuk mencegah dan menangani penyakit kurang darah ini dengan cara mengkonsumsi buah kelengkeng.

Selain itu rasa segar dan nikmat saat dikonsumsi dengan cara langsung, buah kelengkeng juga bisa dikonsumsi menjadi segala jenis makanan yang nikmat seperti es, puding dan jus kelengkeng. Dan dapat juga dijadikan sebagai hiasan makanan penutup, campuran salad buah, dan campuran es buah. Meskipun memiliki ukuran dan bentuk yang kecil, ternyata buah ini memiliki banyak khasiat untuk kesehtan tubuh.

Baca info menarik tentang Cara Menyembuhkan Penyakit Amandel Dengan Alami

Seluruh khasiat dapat ditemukan jika mengkonsumsi buah kelengkeng dengan takaran yang wajar saja. Akan memberikan efek yang tidak baik jika mengkonsumsi buah kelengkeng terlalu banyak  misalnya akan menimbulkan berbagai masalah tenggorokan yaitu suara menjadi serak, batuk, dan radang tenggorokan. Maka untuk itu tetaplah mengkonsumsi buah ini dengan jumlah yang secukupnya.

 

 

 

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *