Ramuan dan Khasiat Kencur untuk Kesehatan

Manfaat Kencur

Kencur

Sebagai salah satu tanaman herbal, khasiat kencur tentunya sudah tidak diragukan lagi. Untuk anda yang belum tahu, kencur merupakan jenis tanaman temu-temuan yang mudah tumbuh di daerah dataran pegunungan yang tanahnya gembur.

Kencur tumbuh menggeletak di permukaan tanah dengan helaian daun yang jarang. Ada begitu banyak kandungan berguna dalam kencur. Kandungan-kandungan tersebut antara lain seperti zat pati, mineral, kamphane, borneol, asam metal kanil, asam cinnamic, ethyl aster, dan lain sebagainya.

Kencur juga memiliki kandungan methanol yang berguna untuk melawan cacing parasit yang dapat menyebabkan penyakit toksokariasis. Selain itu masih ada lagi manfaat yang dapat dirasakan dari kencur.

Kencur si Tanaman Obat
Ketika sedang masuk angin, biasanya apa yang anda lakukan? Kebanyakan yang dilakukan orang adalah kerokan atau langsung mengkonsumsi obat obatan kimia. Padahal masuk angin bisa diobati dengan menggunakan bahan alami seperti kencur.

Caranya mudah saja, cukup bersihkan satu rimpang kencur terlebih dahulu, kemudian makan bersama dengan garam dapur. Setelah itu minum dengan air hangat. Cara ini dilakukan secara rutin dua kali sehari untuk merasakan khasiat kencur dalam mencegah masuk angin.

Kencur ternyata juga dapat menghilangkan darah kotor. Siapkan dulu empat rimpang kencur, dua lembar daun trengguli, dua biji cengkeh kering, dan adas secukupnya. Semua bahan lantas dicuci bersih kemudian direbus dengan menggunakan satu liter air hingga mendidih. Setelah saring, minum ramuan dua kali sehari secara teratur.

Masih ada lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dari kencur. Siapa yang menyangka bahwa salah satu khasiat kencur adalah untuk mengobati radang lambung. Caranya mudah saja, sediakan dua rimpang kencur yang telah dicuci bersih, dikupas lalu langsung dikunyah oleh penderita penyakit lambung, kemudian telan airnya dan buang ampasnya.

Kencur pun bisa digunakan untuk mengobati keseleo, siapkan satu rimpang kencur dicuci bersih. Setelah itu, rendam segenggam beras dan campur dengan bersama dengan kencur. Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus. Setelah itu balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.

Memang ada begitu banyak khasiat kencur untuk kesehatan manusia. Misalnya saja dalam mengobati sakit pada pencernaan. Pertama, untuk mengobati sakit perut, anda bisa menggunakan satu rimpang kencur yang telah dicuci bersih.

Parut kencur tersebut lalu tambahkan dua sendok air masak dan sedikit garam. Saring ramuan dan ambil airnya saja. Sebaiknya minum ramuan sebanyak 2-3 kali sehari untuk mengobati mulas pada perut. Lalu yang kedua, kencur juga dapat digunakan untuk mengobati diare.

Kali ini yang akan digunakan adalah dua rimpang kencur dengan dua siung bawang merah. Kedua bahan tersebut dicincang hingga halus. Setelah itu siapkan daun pisang dan bungkus ramuan yang sudah ditumbuk. Bakar ramuan hingga hangat setelah itu oleskan ramuan pada bagian perut.

Tahukah anda bahwa ternyata kencur bisa digunakan sebagai obat batuk? Untuk merasakan khasiat kencur yang satu ini, anda perlu menyiapkan dua rimpang kencur yang telah dicuci bersih. Setelah itu parut kencur yang telah bersih, kemudian campurkan dengan air hangat.

Aduk hingga rata lalu saring dan ambil airnya. Tambahkan sedikit garam dapur kemudian minum air ramuan tersebut hingga habis. Sebagai perawatan sakit batuk, ramuan ini bisa diminum satu kali sehari. Mengobati batuk dengan menggunakan kencur lebih baik daripada anda minum obat obatan kimia.

Selain itu, masih ada lagi manfaat-manfaat kencur yang bisa anda rasakan. Misalnya saja, kencur ternyata memiliki sifat anti kanker. Selain itu tanaman herbal yang satu ini juga baik untuk pencernaan dan kulit, untuk membunuh bakteri dalam usus, melancarkan peredaran darah, membuang racun dalam tubuh, sekaligus juga sebagai antioksidan.

Kencur juga dapat menjadi sumber serat. Salah satu nilai plus dari kencur adalah, tanaman rimpang yang satu ini mudah untuk ditemukan. Karena kencur juga seringkali menjadi bumbu masakan. Sehingga tanaman rimpang yang satu ini bisa digunakan kapan saja. Demikianlah beberapa informasi mengenai khasiat kencur sekaligus ramuan-ramuan yang bisa anda buat, selamat mencoba!

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *